Perubahan Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 122/PMK.010/2015, besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) per tahun yang diberikan kepada wajib pajak orang pribadi untuk tahun pajak 2015 menjadi sebagai berikut:

  1. Rp36.000.000,00, untuk diri wajib pajak orang pribadi sendiri;
  2. Rp.3.000.000,00, tambahan untuk wajib pajak yang kawin;
  3. Rp.36.000.000,00, tambahan untuk seorang isteri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami;
  4. Rp3.000.000,00, tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan sepenuhnya, paling banyak 3 orang untuk setiap keluarga.

Komentar:

Cukup membantu. Namun demikian, “biaya jabatan” yang sekarang ini maksimal hanya sebesar Rp 6.000.000 per tahun, seharusnya  dinaikkan juga.

About Jaja Zakaria

Nama saya Jaja Zakaria, saya tinggal di Depok, Jawa Barat, kurang lebih 40 km dari Jakarta Selatan. Saya alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogayakarta, dan Opleidings Instituut Financien, Den Haag, Belanda di bidang Hukum Pajak Internasional. Saya pengarang beberapa buku, e-book, dan makalah-makalah perpajakan. Pengalaman saya antara lain pernah menjadi anggota delegasi Indonesia dalam perundingan Perpajakan dengan Denmark, Mesir, Kanada, Uni Emirat Arab, Kuwait, Turki, Brunei Darussalam, Pilipina, Vietnam, Mongolia, dan Taiwan; dalam Study Group on Asian Tax Administration and Research (SGATAR) meeting; dan dalam Joint Commission Indonesia - China. Saya juga anggota International Word Tax Expert.

Posted on July 10, 2015, in Forum, Topik Perpajakan and tagged , . Bookmark the permalink. Comments Off on Perubahan Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

Comments are closed.

%d bloggers like this: